Warung Tahu Telupat Bantul

  • Whatsapp

Jogjakarta memiliki sebuah olahan kuliner yang lezat dan mengennyangkan. Nama kuliner tersebut ialah Kupat Tahu. Makanan rakyat ini sudah dikenal rakyat Jogja sejak dahulu. Salah satu warung yang cukup terkenal menjajakan Kupat Tahu di Jogja adalah Warung Tahu Telupat. Nama makanan ini dalam bahasa yang benar adalah Ketupat Tahu. Warga Jogja menyebut Ketupat menjadi Kupat sedangkan Telupat adalah sebutan Ketupat di Sukoharjo dimana pemilik warung ini lahir.

Tahu Telupat memiliki beberapa cabang di Jogja. Warung 1 ada di Jl. Parangtritis Km 4.5 Jogja (dekat Ringroad Selatan). Warung 2 berada d Jl. Imogiri Timur Km 7,5 tepatnya di selatan Terminal Giwangan. Cocok bagi anda yang mengunjungi Jogja menggunakan bis dan turun di Terminal Giwangan.

edang Warung 3 berada di Jl. Stan Maguwohargjo Ringroad Utara berada d timur SMK 1 Depok. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 98 lalu. Niatan awalnya adalah untuk menghadirkan menu sehat nan bergizi tapi dikemas dengan cita rasa tradisional. Warung yang memiliki selogan “menu sehat dan halal” sebagai bentuk komitmen mereka pada ide awal pendirian warung ini.

Saat kami mengunjungi Warung 1 kami tidak menemukan kesulitan untuk mencarinya karena memang berada di pinggir jalan. Warung Tahu Telupat didominasi bahan anyaman bambu dengan kondisi terbuka. Angin semilir dari luar dan sejuknya kipas angin yang ada memberikan rasa nyaman tersendiri.

Langsung saja kami pesan Tahu Telupat yang terkenal itu. Sebenarnya bentuknya tak jauh berbeda dengan Kupat Tahu yang lain. Satu porsi Tahu Telupat terdiri dari tahu yang digoreng setengah matang, ketupat yang dipotong, tauge, irisan kubis, seledri dan bawang goreng. Yang berbeda ada tambahan telur di porsi Tahu Telupat. Kesemuanya lalu diguyur kuah kacang dan kecap yang encer dengan cita rasa bawang putih yang cukup kental. Ditutup dengan krupuk renyah. Saatnya santap!

Saat mengicip sedikit kuahnya rasa manis cukup dominan dengan aroma dan rasa bawang yang cukup kuat. Untuk anda yang suka pedas bisa pesan cabe saat memesan. Langsung saja aduk semua isi Tahu Telupat agar bumbu merata. Saat bumbu melumuri tahu goreng setengah matang dan masuk ke mulut, rasa juicy jambu yang gurih menyatu dengan manisnya bumbu dan menghasilkan rasa yang lezat.

Sayuran dan bawang goreng memberikan cita rasa segar dan aroma yang harum. Lalu ditutup dengan Jus Apel yang segar. Sempurna. Satu porsi Tahu Telupat + Telur dihargai Rp. 8.500. Warung Tahu Telupat ini buka dari jam 10 pagi hingga 10 malam. Harus dicoba!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *