Cave Tubing KaliSuci Jogja

  • Whatsapp

Selain Goa Pindul daerah Gunung Kidul Jogja menyimpan satu lagu sungai dalam gua yang sayang untuk dilewatkan. Namanya ialah Kalisuci. Hampir serupa dengan Goa Pindul namun beberapa pelancong menyatakan bahwa Kalisuci lebih menantang dibanding Goa Pindul. Sama-sama berada di area pegunungan kapur (Karst) Cave Tubing KaliSuci menawarkan sensasi baru dalam Cave Tubing dengan pemandangan dan cita rasa yang berbeda dari Cave Tubing lain yang ada.

Wisata ini berlokasi di Desa Pacarejo, Kec. Semanu Gunung Kidul. Jaraknya kurang lebih 60 km dari Jogja. Untuk menuju tempat ini diperlukan antara 1.5 hingga 2 jam perjalanan. Kami sarankan untuk membawa kendaraan pribadi yang prima. Hal ini untuk menghadapi rute perjalanan yang berupa tanjakan serta turunan.

Setelah sampai di area parkir anda harus berjalan kurang lebih 500 meter menuju basecamp dengan jalan kaki. Sesampainya di basecamp sekelompok penyelenggara telah siap menyambut anda. Sedikit pengenalan, tata cara, pemanasan dan peringatan diberikan oleh para instruktur. Selanjutnya anda akan dikenakan perangkat keselamatan yang berupa helm, head lamp, pelindung lutut, pelampung, sepatu boat dan pastinya ban dalam(tube) yang siap mengapungkan anda di Kalisuci. Setelah semua siap saatnya beraksi.

Anda lalu dituntut untuk menuruni goa sedalam 30–40 meter untuk mencapai Cave Tubing KaliSuci. Selama perjalanan itu saja kita sudah dibuat terpesona dengan pemandangan bawah gua yang menajubkan. Sesampainya di Kalisuci sebuah aliran sungai berwarna hijau toska yang indah dengan arus yang cukup kuat akan menyambut anda. Siapkan tube anda dan posisikan diri anda senyaman mungkin karena perjalanan akan dimulai.

Anda akan menyusuri jalur sepanjang 500–700 meter selama kurang lebih 2 jam. Rute yang anda akan nikmati antara lain Goa Suci, Luweng Geleng, Luweng Sengat lalu finish di Goa Mburi Omah. Oh ya, dinamakan KaliSuci karena sungai ini memiliki sumber mata air yang tak tercemar oleh terjangan banjir lumpur sekalipun, seolah selalu terjaga kesuciannya.

Selama perjalanan anda akan terpesona dengan agungnya ciptaan Tuhan yang terukir pada dinding goa, stalagtit & stalagmit, serta warna warni yang serasi dari pemandangan sekitar. Beberapa kelelawar yang terganggu huniannya akan kabur keluar. Selama perjalanan instruktur akan menjelaskan sejarah, mitos dan informasi menarik tentang rute yang dilewati.

Setelah sampai di Goa Mburi Omah kita akan disambut penduduk dengan ramah dan warung-warung sederhana yang menjual beraneka panganan dan minuman hangat. Harga untuk satu kali paket perjalanan ini dikenakan Rp. 65.000/orang. Sungguh pengalaman yang unik dan takkan terlupakan berwisata ke Cave Tubing KaliSuci.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *