5 Aroma Tanaman untuk Mengatasi Stres

  • Whatsapp

Aroma tanaman bisa digunakan untuk mengatasi stres. Di zaman modern sekarang ini stres sering dialami oleh remaja dan orang tua. Bahkan anak kecil pun bisa ikut-ikutan stres bila ia memiliki masalah yang cukup berat. Orang-orang melampiaskan stres dengan cara ngemil. Akibatnya mereka bisa mengalami obesitas.

Bila ingin menyembuhkan stres dengan cara yang sehat, tebarkan saja aroma tanaman di rumah sehingga pikiran menjadi tenang dan nyaman. Berikut ini adalah beberapa jenis aroma tanaman yang bisa anda pakai untuk meredakan stres.

1. Lavender
Aroma lavender sejak dulu sudah dikenal dengan efeknya yang mampu menenangkan tubuh dan pikiran. Bila badan cape dan letih, anda bisa melakukan pemijatan dengan menggunakan minyak esensial aroma lavender. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, anda bisa mengkonsumsi secangkir teh dengan aroma lavender yang harum. Bila anda ingin menebarkan wewangian di seluruh ruangan, beli saja pengaharum ruangan dengan aroma lavender. Saat menonton TV ataupun membereskan rumah, anda akan merasakan kesegaran dan ketenangan yang membuat seluruh keluarga merasa nyaman dan betah tinggal di rumah.

2. Sage
Sage mimiliki aroma tanaman untuk mengatasi stres, memancarkan aroma rempah yang cukup kuat yang mampu mengatasi stres dengan efektif. Aroma yang ditimbulkan berguna untuk menstimulasi otak, otot, dan tubuh supaya lebih nyaman dan tenang. Anda tinggal membakar lilin aromaterapi dengan aroma sage di kamar mandi dan ruangan lainnya untuk menenangkan pikiran yang penat.

3. Teh hijau
Sudah sejak zaman dahulu teh hijau dikenal dengan manfaat kesehatannya yang beragam. Jenis teh ini sangat digemari di Jepang karena efeknya cukup bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan kardiovaskular. Selain rasanya nikmat dan menyegarkan, teh hijau juga mampu menurunkan kadar hormon stress di dalam tubuh karena kandungan tiaminnya. Anda bisa meminum 3 cangkir teh hijau setiap hari bila ingin mengatasi stres dengan cepat.

4. Chamomile
Salah satu aroma tanaman untuk mengatasi stres. Selain meredakan stress, anda bisa menggunakan chamomile untuk mengobati demam. Rasakan kesejukan aroma chamomile yang khas dengan mengkonsumsi secangkir teh bunga chamomile di sore hari. Teh ini juga baik untuk membuat kulit lebih bercahaya dan sehat. Parfum dengan aroma chamomile juga tersedia di pasaran.

5. Rosemary
Aroma dan bentuk rosemary yang cantik membuat tanaman ini sering digunakan dalam beragam jenis masakan. Rosemary bermanfaat untuk melemaskan otot-otot tubuh yang menegang dan kaku akibat stress. Tumbuhan ini sudah dikenal memberikan aroma tanaman untuk mengatasi stres, pada zaman Yunani kuno berabad-abad tahun yang lalu. Orang Yunani kuno memiliki kebiasaan menaruh rangkaian rosemary di atas kepala mereka supaya otak selalu rileks dan nyaman.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *